12.09.2010

KnOwLedGe Of StaTiSticS

      Bicara tentang statistika pastilah semua orang yang pernah mendengan kata statistika beranggapan bahwa statistika merupakan pengolahan data. Memang pernyataan tersebut benar, namun pengertian statistika yang sebenarnya adalah  ilmu yang mempelajari bagaimana merencanakan, mengumpulkan, menganalisis, menginterpretasi, dan mempresentasikan data. seringkali kebanyakan orang beranggapan bahwa statistika dan statistik.
      Statistik  adalah Susunan angka yang memberikan gambaran tentang data atau bisa juga diartikan cara pengolahan data. Sedangkan Statistika adalah ilmu yang mempelajari tentang pengumpulan, mengolah data, menarik kesimpulan, dan membuat keputusan berdasarkan analisis data yang dikumpulkan. Dapat diartikan statistik adalah cara atau alatnya dan statistika itu nama ilmunya.

Apa Sih manfaat mempelajari statistika ??

Manfaat statistika dalam kehidupan sehari-hari sangat beragam sebagai contoh sederhana:

-> Bagi ibu-ibu rumah tangga mungkin tanpa disadari mereka telah menerapkan statiska. Dalam membelanjakan uang untuk kebutuhan keluarganya sering melakukan perhitungan untung rugi, berapa jumlah uang yang harus dikeluarkan setiap bulannya untuk uang belanja, listrik, dll.

-> Sebagai mahasiswa, selain statistika dipelajari secara formal sebenarnya kita sudah menggunakannya dalam perhitungan Indeks prestasi.

-> Dalam dunia bisnis, para pemain saham atau pengusaha sering menerapkan statistika untuk memperoleh keuntungan. Seperti peluang untuk menanamkan saham.

-> Sedangkan dalam bidang industri, statistika sering digunakan untuk menentukan keputusan. Contohnya berapa jumlah produk yang harus diproduksi dalam sehari berdasarkan data historis perusahaan, apakah perlu melakukan pengembangan produk atau menambah varian produk, perlu tidaknya memperluas cabang produksi, dll.

Jadi statistika sebenarnya sangat penting bagi kita, dapat berguna dalam menentukan keputusan meskipun kadangkala penggunaannya tidak kita sadari.


  BaGaimaNa DengaN LaPangan KerJanyA ??

       Hampir semua pekerjaan selalu menggunakan sesuatu yang berkaitan dengan pengolahan data, sehingga banyak sekali lapangan pekerjaan yang membutuhkan tenaga seorang Statistikawan. Jadi buat para mahasiswa statistika yang akan lulus S-1 pastikan mendapatkan pekerjaan yang sesuai dengan bidang keahlian.
     Berikut contoh-contoh lapangan pekerjaan di bidang statitika :
       a.  BPS (Badan Pusat Statistik) 
       b. Depkeu (Departmen Keuangan)
       c. Pegadaian
       d. Bank
       e. Guru Les
       f. Dll
Banyak sekali bidang pekerjaan yang sesuai dengan ilmu statistika.



HIDUP   MAHASISWA . . .!!!

5 komentar:

  1. Siippp Dah pkoknya. . .

    Ayo2 pda Bca.!!!

    BalasHapus
  2. baguuss ik blog nya ..
    ak knpa gg ada inspirasi yaa :(

    BalasHapus
  3. bagus bos blognya ..........

    tambahin lagi yak ..biar asoy...


    congratz ya

    ~(‾▿‾~)(~‾▿‾)~

    BalasHapus